:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Rabu, 31 Desember 2008

Ujian TPA Al Hikmah Toyan

Berkenaan dengan telah berakhirnya proses pembelajaran pada Semester 1 (satu) Tahun ke-5 Tahun Pelajaran 2008/2009 dan mengetahui dan menjajagi sampai sejauh mana tingkat pemahaman santriwan/wati terhadap materi yang telah disampaikan oleh ustadz/ah, telah dilaksanakan evaluasi/ujian pada Hari Kamis, 25 Desember 2008 dari Pukul 08.00 WIB s.d. selesai bertempat di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan. Ujian hanya diikuti 40 santriwan/wati dari 50 santri yang terdaftar.

Adapun Materi yang akan diujikan diantaranya materi IQRO’ (untuk kelas TPA), Materi Al Qur’an (untuk kelas TPAL), Materi hafalan bacaan sholat, Materi hafalan surat pendek, Materi hafalan do’a sehari-hari, Materi hafalan ayat-ayat pilihan, Materi menulis huruf Al Qur’an, dan Materi Ibadah Praktis (Adzan, sholat, wudhu, dsb), dan Materi penunjang lainnya (Komputer, akhlak, dsb).

Rapor hasil evaluasi pembelajaran santri Taman Pendidikan Al Qur`an Al Hikmah Toyan Semester 1 (satu) Tahun Ke-5 Tahun Pelajaran 2008/2009 telah diserahkan pada hari Sabtu, 27 Desember 2008 sekaligus diserahkan kenang-kenangan berupa alat tulis untuk keperluan sekolah.

Santriwan/wati TPA diberikan kesempatan belajar mandiri di rumah/libur mulai tanggal 29 Desember 2008 – 5 Januari 2009, dan masuk kembali pada Hari Selasa, 6 Januari 2009.

Selanjutnya direktur TPA Al Hikmah dalam suratnya Nomor : 009/2/TPA-AH/XII/2008 kepada Wali Santri menyatakan bahwa karena keterbatasan dalam hal pembinaan di Taman Pendidikan Al Qur`an yang hanya 3 kali dalam 1 minggunya yaitu Hari Selasa, Kamis dan Sabtu, dia berharap agar Bapak dan Ibu Wali Santri berkenan memberikan dorongan dan arahan serta bimbingan dan pengawasan dalam hal penanaman nilai-nilai keislaman kepada putra putrinya sejak dini di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Dengan demikian akan ada keterpaduan antara pembelajaran di Taman Pendidikan Al Qur`an dan juga pembelajaran di rumah yang dilakukan oleh Bapak dan Ibu Wali Santri.



























Selengkapnya → Ujian TPA Al Hikmah Toyan

Jumat, 26 Desember 2008

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1430 H

KELUARGA BESAR MASJID AL HIKMAH TOYAN
MENGUCAPKAN
"SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1430 H"
Jadikan Momentum Tahun Baru Islam 1430 H
sebagai sarana Menuju Kebaikan dan Perbaikan

Selengkapnya → Selamat Tahun Baru Hijriyah 1430 H

Jumat, 12 Desember 2008

Al Hikmah Toyan Qurbanan

Tak lama selepas sholat ied adha di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru, mesjid-mesjid di Toyan dan sekitarnya sudah bersaut-sautan mengumandangkan Takbir yang kebanyakan didominasi anak-anak kecil. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan di halaman masjid yang memang sudah dipasangi “tratak” dari seng sejak hari Sabtu. Sehingga walaupun hujan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tetap dilaksanakan tanpa kendala yang berarti. Penyembelihan dilakukan oleh Bapak Drs. Slamet Riyadi dan Bapak Mardi Wiyono. Dari 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing setelah ditimbang menghasilkan 301 kg daging dan disalurkan kepada 156 warga, tenaga (pekothah) serta disalurkan ke daerah rawan kristenisasi melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan. Secara keseluruhan rangkaian pelaksanakan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Hikmah Toyan tahun 1429 H selesai pada pukul 03.00 WIB.





















Selengkapnya → Al Hikmah Toyan Qurbanan

Kamis, 11 Desember 2008

Pelaksanaan Sholat Idul Adha1429 H

Pelaksanaan sholat yang sedianya akan dilaksanakan pada Pukul 06.30 WIB akhirnya harus mundur karena sebagian jamaah masjid-masjid cakupan PPSI mengira bahwa Sholat Ied tidak jadi dilaksanakan. Ditambah lagi kondisi mendung walaupun tidak hujan. Sholat akhirnya dilaksanakan pada 06.30 WIB. Jamaah, S.Ag, MA selaku iman dan khotib Sholat Ied Adha 1429 H, dalam khutbahnya mengatakan bahwa jadikan ibadah kurban sebagai taqarrub/pendekatan diri pada Sang Khaliq dan sarana latihan untuk berkurban dan peduli kepada sesama ciptaan-Nya. Hujan yang turun ditengah-tengah khutbah menyebabkan sebagian jamaah “ngiyup” (berteduh) dan bahkan ada yang pulang meninggalkan lokasi sholat ied. Tetapi juga tidak sedikit yang tetap setia menunggu jalannya khutbah sampai dengan akhir.




















Selengkapnya → Pelaksanaan Sholat Idul Adha1429 H

Rabu, 10 Desember 2008

Malam Takbiran 2008

Malam takbiran tahun ini terasa lain dari malam-malam takbiran sebelumnya. Pasalnya tahun ini acara kupatan diganti dengan acara pembuatan opor ayam. Persiapan telah dilakukan pada Hari Ahad, 7 Desember 2008. Walaupun hujan, tidak menyurutkan sebagian Rismas dan Ibu-ibu pengajian untuk mempersiapkan hajatan ini. Walaupun malam takbiran tidak begitu banyak jamaah yang hadir (karena faktor hujan dan berbarengan dengan sepakbola AFF – bagi yang suka) tetapi cukuplah menjadi pengalaman baru bagi Rismas. Dalam sambutan takmir, Drs. Slamet Riyadi selaku ketua takmir mengatakan bahwa peran generasi muda menjadi sangat penting sebagai ujung tombak dalam rangka pemberdayaan/pergerakan masjid. Oleh karenanya generasi muda Al Hikmah Toyan jangan menjadi generasi loyo dan malas memperjuangkan islam sesuai porsinya. Jadikan masjid sebagai media belajar, baik belajar organisasi, mengasah kemampuan manajerial maupun mengupgrade diri.





















Selengkapnya → Malam Takbiran 2008

Selasa, 09 Desember 2008

Persiapan Sholat Ied Adha 1429

Menindaklanjuti rapat PPSI (Panitia Penyelenggara Sholat Ied) pada Hari Sabtu, 29 Nopember 2008, tanggal 7 Desember 2008/9 Dzulhijjah 1429 H dilaksanakan persiapan tempat sholat yaitu di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru Wates sesuai rencana awal pada Hari Ahad, 7 Desember 2008 pukul 16.00 WIB, dan selesai menjelang buka (puasa Arofah) pada pukul 17.30 WIB. Namun bakda maghrib, hujan deras yang sempat menguyur Toyan dan sekitarnya menyebabkan shof yang hanya dibuat menggunakan kapur tulis hilang. Sehingga konsekuensinya malam hari atau pagi hari selepas subuh shof harus dibuat lagi. Walaupun hujan sempat reda, namun kondisi tetap tidak dimungkinkan untuk melaksanakan pembuatan shof baru. Sehingga akhirnya bakda sholat subuh shof untuk pelaksanaan sholat ied baru dibuat kembali.










Selengkapnya → Persiapan Sholat Ied Adha 1429

Senin, 08 Desember 2008

Selamat Idul Adha 1429 H

KELUARGA BESAR MASJID AL HIKMAH TOYAN
MENGUCAPKAN
"SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1429 H"
Dengan Perayaan Idul Adha
Kita Tingkatkan Semangat Berkurban dan Jiwa Sosial


Selengkapnya → Selamat Idul Adha 1429 H

Jumat, 05 Desember 2008

Peserta Idul Kurban 1429 H

Sebagai konsekuensi dari Rapat Takmir pada hari Sabtu, 8 Nopember 2008, panitia segera melaksanakan hasil keputusan rapat diantaranya segera mencari warga/jamaah masjid yang akan menjadi peserta kurban. Seksi Pembelian Hewan melakukan survey dibeberapa tempat penjualan hewan ataupun petani dan bendahara melaksanakan penarikan uang kepada jamaah peserta kurban.

Adapun warga yang akan mengikuti kurban diantaranya :
A. Sapi 1
1. H. Ali Munawir
2. Hj. Hadi Pawiro
3. Suhardjono
4. Atemo Pawiro
5. Jumari
6. Hj. Suroto Dipo
7. Hj. Sudiwinangun

B. Sapi 2
1. Drs. Slamet Riyadi
2. Wakidi
3. Suwito
4. Radjiyo, S.Pd
5. Wiharsono
6. Sri Agung Pangarso
7. Jumadi

C. Sapi 3
1. Saerah Supardjo
2. Muryanto
3. Wagiran
4. Hj. Jamaluddin
5. Sukamto
6. Puryono
7. Reti Hadi Purnomo

D. Kambing
1. H. Rahmat Nirwanto
2. Mardi Wiyono
3. Wima S

4. Pringgo Subroto

Selengkapnya → Peserta Idul Kurban 1429 H

Persiapan Ied Adha 1429 H

PPSI (Panitia Penyelenggara Sholat Ied) Jembatan Timbang Kulwaru menghadapi sholat Idul Adha yang jatuh pada Hari Senin, 8 Desember 2008 melaksanakan rapat persiapan dan koordinasi pada Hari Sabtu, 29 Nopember 2008 bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan. Kepanitiaan kecilpun dibentuk guna pelaksanaan kegiatan dimaksud. Adapun pembagian tugas dibagi ke perwakilan Masjid/Mushola yang tergabung dalam PPSI. Sedianya pelaksanaan sholat Idul Adha tetap dilaksanakan di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru dengan catatan hari tidak hujan. Dengan Imam & Khotib Bapak Jama’ah S.Ag, MA dari Berenan, Bendungan, Wates, Kulon Progo. Bagi Saudara-saudara muslim yang berada di sekitar Toyan dapat menghadiri sholat ied tersebut pada pukul 06.00 WIB.

Selengkapnya → Persiapan Ied Adha 1429 H

Rabu, 03 Desember 2008

Ramadhan 1429 Hijriyah Remaja Masjid Adakan Pertemuan

Lain Takmir lain pula Rismas. Sabtu 22 Nopember 2008 dilaksanakan pertemuan Rismas. Rapat dipimpin oleh Hanum Wahyu Wibisono selaku Ketua Rismas dengan beberapa pokok keputusan diantaranya : Tidak dilaksanakan kegiatan kupatan, sebagai ganti dilaksanakan pembuatan opor ayam. Dilaksanakan kegiatan takbiran pada malam 10 Dzulhijjah dan selama hari tasrik. Dan yang kalah penting membantu Panitia Penyembelihan Hewan Qurban 1429 H sesuai porsinya diantaranya sebagai membantu seksi Humas dan Distribusi girik

Selengkapnya → Ramadhan 1429 Hijriyah Remaja Masjid Adakan Pertemuan

Selasa, 02 Desember 2008

Panitia Idul Kurban 1429 H

Terkait dengan akan datangnya Bulan Dzulhijjah, Takmir Masjid Al Hikmah Toyan pada hari Sabtu, 8 Nopember 2008 telah melaksanakan Pembentukan Panitia Penyembelihan Hewan Qurban 1429 H. Rapat yang dipimpin Ketua Takmir Drs. Slamet Riyadi tersebut menghasilkan beberapa hal diantaranya :

1. Pembentukan Panitia sebagai berikut
Ketua 1 : Radjiyo, S.Pd
Ketua 2 : H Ali Munawir
Sekretaris : Anang Junanta Suwardi, S.Pt
Bendahara : Jumari
Perlengkapan : Endang Suwarno, Kamijan
Konsumsi : Wakidi, Rubiyanto
Transportasi : Wiharsono
Pembelian Hewan : Sarbini, H Suroto Dipo, Hadi Purnomo
Kulit : Suwito
Penyembelihan : Drs. Slamet Riyadi
Perencanaan/Distribusi : Sri Agung Pangarso, Kusuma Dwi C
Distribusi Girik : Hanum Wahyu, Suyatin
Humas : Harum Wijaya, SE, Iman Surachna
Pembagian Daging : Sutarjo, Iswandi, Krisno W
Koordinator Tenaga : Muryanto, Puryono, Budi Wiyono, Sukamto, Saridjo

2. Perkiraan harga sapi @ Rp. 1.200.000,-
3. Tambahan untuk biaya operasional sebesar @ Rp. 35.000,-

4. Kerja Bakti dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Desember 2008

Selengkapnya → Panitia Idul Kurban 1429 H